Pilih Presiden 2009!

Oleh: Putry Nurhaeni, HI Universitas Nasional 2007

Pesta Demokrasi di Indonesia terus berlanjut untuk Pilpres 2009 yang akan berlangsung pada tanggal 5 Juli 2009. Pemilu presiden pastilah sudah sangat ditunggu- tunggu, karena pada akhirnya, setelah memilih calon legislative pada pemilu april lalu, kali ini kita akan memilih langsung calon pemimpin kita. Sudah kita ketahui bersama bahwa ada 3 pasangan Capres dan Cawapres yang maju untuk menduduki kursi Presiden dan wakil Presiden pada Pemilu 2009 kali ini. Pasangan tersebut adalah ( berdasarkan nomor urut ) 1. Pasangan Megawati – Prabowo 2. Pasangan SBY – Boediono 3. Pasangan Jusuf Kalla ( JK ) – Wiranto. Setiap pasangan Capres dan cawapres kini sedang menggalang kekuatan agar nantinya bisa benar-benar mencuri perhatian masyarakat dan mendulang suara terbanyak pada Pilpres 2009 nanti.

Yang unik pada pilpres kali ini adalah pertarungan para cawapres, khususnya mengenai ideologi ekonominya. Sebab ketiga capres yakni SBY, JK, dan Megawati sudah terbaca track record-nya. Dan juga kali ini, berbeda dari pemilu tahun 2004 lalu yang didominasi pertarungan nasionalis atau bukan nasionalis dan isu Jawa atau luar Jawa. Sedangkaan Saat ini pertarungan paham ekonomi para cawapres. Berkembang lah isu- isu neo liberalisme serta ekonomi kerakyatan. SBY yang memilih Boediono sebagai cawapresnya, dinilai telah mengambil keputusan yang controversial. Boediono bukanlah calon dari partai, beliau adalah teknorat, mantan direktur Bank Indonesia. Selain itu berkembang isu bahwa Boediono adalah antek neo-liberalis sehingga dikhawatirkan apabila nanti SBY terpilih maka perekonomian Indonesia akan bergerak lebih ke arah liberal yang lebih menguntungkan pasar (dalam hal ini adalah asing, bukan pasar tradisional).

Namun hal ini nampaknya tertutupi oleh kepopuleran SBY. Masyarakat sebagian besar menilai  bahwa SBY masih layak memimpin. Hal ini juga terbukti dengan kemenangan partai democrat pada pemilu legislative april lalu. Megawati yang dalam menentukan calon pasangannya kini sudah terlihat lebih percaya diri dengan keberhasilan dia menggandeng prabowo sebagai pasangan calon cawapres. Sebagai salah satu partai terbesar, maka wajar jika Megawati berani mentargetkan kemenangan pada pilpres yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 8 Juni mendatang. Prabowo yang pada saat pemilu lalu sangat aktif berkampanye lewat berbagai macam iklan politik di TV dan Radio, kini telah siap mendampingi Megawati untuk periode 2009-2014. Sebagai salah satu pentolan partai Gerindra, maka Prabowo hanya meminta agar koalisi ini dapat berjalan dengan baik agar kemajuan bangsa akan segera dinikmati oleh seluruh rakyat di Indonesia, baik yang ada dikota besar maupun yang ada di pedesaan.

Kemudian, pasangan megawati-prabowo pun datang dengan sebuah konsep perekonomian yang dianggap sangat pro- rakyat, yakni ekonomi kerakyatan yang diusung oleh prabowo. Karena itu meskipun banyak pengamat politik yang menyatakan bahwa  Megawati saat menjadi presiden tidak bersih dari kebijakan ekonomi neoliberalisme karena saat itu dia dilingkupi tim ekonomi berpaham neolib, Namun dengan didampingi oleh prabowo dan konsep ekonomi kerakyatannya, maka pasangan ini dianggap memiliki konsep perekonomian yang jelas dan menjanjikan. Hanya saja, prabowo masih ‘tersandung’ oleh kasus pelanggaran HAM dan hal ini merupakan suatu kelemahan yang cukup fatal.

Sedangkan pasangan Jusuf Kalla dan Wiranto yang pertama kali mendeklarasikan pencalonnya dengan slogan “lebih cepat lebih baik” dianggap sebagai “kuda hitam” dalam arena pertarungan pilpres kali ini. Pasangan yang diusung oleh partai golkar serta partai hanura ini mencoba untuk bertindak cepat dan lugas sesuai dengan slogan kampanyenya. Lalu pasangan ini juga berbeda karena tidak mengusung calon presiden dari jawa seperti pasangan capres-cawapres lainnya. JK asli makassar, dan hal ini diangggap dapat membawa suatu perubahan baru dalam sistem social masyarakatnya.

Bisa kita lihat pilpres kali ini. Mungkin dapat dikatakan garis besarnya NEO-LIB vs Ekonomi kerakyatan. SBY- Boediono membantah secara terus menerus tentang isu neo-lib, sementara Mega- prabowo terus menerus menggunakan isu neo-lib itu sebagai senjata mereka, dan lalu kemudian mengagung- agungkan konsep ekonomi kerakyatannya. JK- Win? Tim sukses mereka menyatakan tidak akan memakai isu neo-lib sebagai senjata, kendatipun mereka juga  terus berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang mashab ekonomi pro rakyat yang paling baik diterapkan dan memungkinkan perbaikan sistem ekonomi di Indonesia.

Beberapa hari yang lalu, diselenggarakan acara DEKLARASI DAMAI, yang dihadiri capres-cawapres yang akan bertarung pada pilpres nanti. Pada acara ini, diharapkan dapat mendinginkan suasana politik yang memanas. Namun ternyata usai acara tersebut para calon-calon pemimpin negara masih saling tuding dan saling kritik. Yang kita harapkan adalah, daripada saling menyebar isu, membalas tuduhan lebih baik para capres dan cawapres ini memikirkan dengan serius, apa yang akan mereka berikan kepada Negara ini nantinya jika terpilih (dan tentunya, harus dilaksanakan tidak hanya omongan belaka), dan juga tidak saling menjatuhkan tapi saling bahu membahu, demi rakyat.

Siapakah yang akan berhasil menarik hati rakyat dan kemudian terpilih menjadi presiden? Jawabannya kita tunggu juli nanti, dan menilik kemungkinan akan adanya putaran kedua pilpres. Seputar akhir tahun kita sudah bisa mengetahui siapakah yang akan menjadi presiden Indonesia periode 2009- 2014.

Tags: , , , , ,

2 Responses to “Pilih Presiden 2009!”

  1. dir88gun2 Says:

    assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Ga Nyambung & Ga Jelas? :-\

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    secara sempurna dan menyeluruh.
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

  2. Oke Says:

    KHILAFAH cita-cita tertinggi. GOLPUT bukan yang terbaik. Ketika Khilafah Islamiyah belum tercapai, relakah kita di cekoki produk-produk yang sangat jauh dari Islam ?? Tak ada KHILAFAH tanpa JIHAD
    Tak ada JIHAD tanpa TARBIYAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: