Seputar Selasar

Oleh: Novita Indra P., HI Universitas Nasional 2007

Kalau kita lihat Universitas Nasional (UNAS) akhir-akhir ini terlihat kurang nyaman karena adanya pembangunan yang menutup akses jalan antar blok dan menjadi kesulitan tersendiri untuk masuk ke dalam kelas karena harus memutar melewati jalur belakang dan untuk melewati blok 3 juga harus lewat akses jalan masuk yang melewati kantin. Dan kalau kita melewati bagian belakang dari lapangan sepak bola maka akan kita dapati  bangunan baru bertingkat yang bentuknya seperti kamar kost. Sebenarnya apa saja yang ingin dibangun di kampus UNAS? Lalu sampai kapan pembangunan ini dapat diselesaikan? Dan gedung baru yang ada di belakang blok 4 akan dipergunakan untuk apa ya?

Kali ini kapitalis berhasil mewawancarai kepala BAU (badan administrasi umum) (bang malik gelarnya apa??). ternyata pembangunan selasar yang dimulai dari tanggal 14 maret itu manjadi awal pembangunan dan rehabilitasi UNAS menjadi satu gedung dengan di jembatani oleh selasar seperti yang ada di jembatan antara Mall Pondok Indah I ke Mall Pondok Indah II, tapi di UNAS lebih keren karena selasar kita sampai lantai 3. Jadi kalau mau menuju blok 3 lantai 3 dari blok 1 lantai 3 kita tidak perlu turun dan naik tangga, cukup melewati selasar yang diberi bangku untuk duduk bagi mahasiswa yang fungsinya mirip seperti koridor. Selasar ini yang panjangnya sekitar 8 x 90 m x 3 lantai akan dibuat di lantai 1,2 dan 3 dengan akses Hotspot  ditambah  atap yang bening dan dapat menjembatani mulai dari blok1 ke blok 2 ke blok 3 dan blok 4 … keren kan.

Ternyata di tahapan awal ini juga akan menambah gedung Blok 1 menjadi 7 lantai dengan dibuat juga Pancang untuk lift (baru pancangnya aja, belum ada liftnya hi..) dan juga pemindahan akses jalan depan gerbang melalui jalur yang sekarang masih berdiri bangunan theater Ghanta.

Untuk bangunan baru yang sudah jadi dibelakang (yang bentuknya mirip kamar kost mahasiswa) akan dihuni oleh UKM yang memiliki Sekretariat di dalam gedung Blok2,3 dan 4 juga theater ghanta. Lalu semua SEMA yang ada di dalam gedung blok 2,3 dan 4 akan dipindahkan ke sekeliling GSG. Sedangkan bangunan di samping bangunan baru yang memiliki 2 lantai dan di cat bewarna hijau itu akan di buka koperasi karyawan yang isinya berupa ATK dan berbagai macam buku-buku.

Dalam pengerjaan pembangunan Universitas Nasional (UNAS) ini melalui beberapa tahapan. Untuk tahapan pertama menargetkan akan selesai akhir bulan Juli jadi sebelum dimulainya perkuliahan semester Ganjil. Sedangkan untuk pemindahan Sekretariat UKM dan SEMA akan dilakukan di bulan juli saat liburan semester Genap.

Dalam pengerjaan jangka panjangnya ditargetkan memakan waktu antara 5-10 tahun dengan tahapan – tahapan. Dan target pembangunan yang diharapkan adalah penyatuan bagunan antar blok dengan selasar yang panjangnya ditargetkan akan mencapai gedung GSG. Penambahan lantai di blok 1 menjadi 7 lantai, blok 2 menjadi 6 lantai dan blok 4 menjadi 5 lantai. Lalu akan dibangun kontruksi bangunan baru di depan gedung blok 1 dengan akses lift dan taman di atasnya yang akan menyatu dengan blok 3 yang akan dibangun foodcourt dengan akses hotspot dan tanpa atap alias terbuka. Di lantai paling atas akan difokuskan untuk berbagai Lab penelitian dan Lab computer. Juga akan dibuat ruangan khusus untuk semua Sekretariat di tingkat fakultas / Central Akademik.

Untuk gedung GSG akan mengalami perubahan juga dengan menambah lantai. Sedangkan wilayah kantin akan dibongkar dan dipindahkan ke foodcourt dan lahannya akan dibuat jalur hijau. Untuk jalur gerbang lama dan taman kotak akan dibangun tempat usaha komersial,  ya mungkin akan ada swalayan dan distro dan berbagai ATM untuk memudahkan mahasiswa yang ingin melakukan pembayaran maupun pengambilan uang.

Intinya sabar saja yang sekarang masih kuliah di UNAS maupun yang baru masuk karena pembangunan bertahap ini kemungkinan memakan waktu lebih dari 5 tahun (udah keburu lulus). Walaupun tidak ikut menikmati hasilnya ya beruntung juga kita bisa melewati tahapan-tahapan pembangunannya, iya kan…

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: