About KSM

KELOMPOK STUDI MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL

( KSM UNAS )

Intelektual yang Kokoh adalah Kunci Menjadi Mahasiswa Seutuhnya

Salam Pencerdasan !!!

Membangun kemampuan intelektual yang kokoh tidak hanya dapat ditempuh melalui proses transformasi ilmu yang terjadi di kelas antara Dosen dan Mahasiswa. Tetapi jauh lebih tepat jika mahasiswa menggali potensi dirinya dengan aktif terlibat dalam kegiatan- kegiatan di luar kampus yang menunjang kemampuan akademisnya .Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda, sudah sepantasnya sejak dini berlatih organisasi, karena dengan berorganisasi mahasiswa dapat belajar membangun solidaritas, potensi diri, menghargai pendapat yang berbeda, dan yang terpenting adalah mengasah kemampuan intelektual.Organisasi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menjalin dan membangun ikatan emosional menjadi sebuah ikatan yang rasional.

Oleh karena itulah Kelompok Studi Mahasiswa Universitas Nasional (KSM UNAS) sebagai wadah organisasi, lahir dengan berlandaskan semangat Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober 2004, karena kesadaran akan kebutuhan dasar mahasiswa untuk membangun potensi diri dan kualitas intelektual yang kokoh, ditengah era demokrasi dan keterbukaan yang bebas saat ini. Dengan banyaknya permasalahan yang dialami bangsa kita saat ini, mahasiswa dituntut berperan besar sebagai agen perubahan yang harus proaktif dalam membahas dan menyikapi dengan sikap terbaik dan kritis membangun dengan menghasilkan solusi-solusi.Basis perjuangan KSM UNAS sebagai bagian dari mahasiswa, berlandaskan pada tiga poin pokok.

Pertama, kajian ilmiah dengan membuka forum-forum diskusi sebagai upaya untuk sama-sama membangun dan mengembangkan wawasan serta kemampuan intelektualitas mahasiswa, sehingga diharapkan bukan hanya menjadi mahasiswa yang kritis cenderung ceriwis, tetapi kritis dalam arti dapat memberikan solusi konkret atas berbagai permasalahan .

Kedua, pers mahasiswa, yang kami beri nama KAPITALIS (Kajian Aktual Pilihan Tertulis), solusi konkret dari forum-forum diskusi yang telah diadakan.

Ketiga, dan tak kalah penting adalah peran mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan pengembangan community development (pembangunan komunitas sekitar), yang dilakukan dengan memberikan pengajaran informal bagi anak-anak di sekitar kampus UNAS ,sebagai perwujudan nyata dalam membangun cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

Aksi demonstrasi adalah salah satu unsur yang dekat dengan kehidupan mahasiswa, tetapi hal tersebut bukanlah menjadi satu-satunya cara, yang menjadi jawaban dalam menyikapi problematika yang ada. Aksi demonstrasi dapat dilakukan jika kita memandang hal itu menjadi kebutuhan bersama untuk untuk menyelamatkan bangsa ini dari tangan-tangan kotor dan bukan semata-mata kepentingan induvidu-induvidu atau kelompok tertentu. Oleh karena itu KSM UNAS menjunjung tinggi proses DIALOGIS dalam menyelesaikan masalah sehingga mahasiswa benar-benar menjadi kaum intelektual yang terdidik dan berpikir objektif dalam menjalankan fungsi control social dan politik bagi penguasa

BERSATU DALAM KSM UNAS MEMBANGUN KEKUATAN INTELEKTUAL YANG KRITIS MENUJU KESEJAHTERAAN INDONESIA


%d bloggers like this: